Flash adalah salah satu program pembuatan animasi yang
sangat handal. Kehandalah flash dibandingkan dengan program yang lain adalah
dalam hal ukuran file dari hasil animasinya yang kecil.
Toolbar berisi kumpulan tool yang digunakan untuk membuat dan memilih isi di dalam Timeline dan Stage. Toolbar terbagi menjadi tool dan modifier. Setiap tool memiliki ukuran Modifier tertentu yang ditampilkan ketika kita memilih tool tersebut.
Timeline adalah organisasi dan
pengaturan tool yang besar dan kompleks. Anda akan menggunakan keuntunngannya
ketika anda membuat animasi.
Stage adalah daerah yang
berisi semua elemen gambar yang membentuk movie Flash..
Menggunakan Grid dan ruler
Grid adalah sebuah set garis-garis yang saling berpotongan vertikal dan horisontal yang berguna sebagai penuntun menggambar dan meletakkan elemen-elemennya, fungsinya mirip seperti kertas grafik pada dunia nondigital. Cara memunculkan grid dari menu View, pilih Grid > Show Grid.
Grid adalah sebuah set garis-garis yang saling berpotongan vertikal dan horisontal yang berguna sebagai penuntun menggambar dan meletakkan elemen-elemennya, fungsinya mirip seperti kertas grafik pada dunia nondigital. Cara memunculkan grid dari menu View, pilih Grid > Show Grid.
Ruler dan guides membantu anda dalam menggambar obyek
dengan presisi ukuran, bentuk, dan posisi pada Stage.
Untuk memunculkan ruler, pilih menu view>rulers.
Guides digunakan
untuk meluruskan antara gambar yang ada pada stage dengan ruler. Caranya klik
rulers yang ada di pinggir yang horisontal atau yang vertikal. Kemudian drag ke
arah stage dan letakkan pada tempat yang sesuai dengan keperluan.
Line tool digunakan untuk membuat garis lurus
Line tool digunakan untuk membuat garis lurus
Oval tool digunakan untuk membuat bentuk
melingkar
Rectangle tool digunakan untuk membuat
bentuk persegi
Pencil Tool
digunakan untuk membuat garis luar secara bebas (garis tidak tepat lurus).
Straighten
digunakan untuk membantu memperlurus lintasan yang kita buat. Tetapi hasilnya
tidak akan selurus garis yang dibuat dengan Line Tool
Ink digunakan untuk menghilangkan
bantuan Flash dalam memperhalus suatu
lintasan.digunakan untuk membantu memperhalus lintasan yang kita buat.
Brush Tool digunakan untuk menggambar
isi (fill)
Ink Bottle Tool digunakan untuk merubah
garis pembatas atau menambah garis pembatas pada suatu bentuk, misal pada
bentuk oval.digunakan untuk tidak menggunakan (mengunci) gradient fill pada
Brush Tool
Gap Control digunakan untuk memberi isi
suatu garis luar yang tidak benar-benar tertutup.digunakan untuk merubah isi
atau memberi isi suatu bentuk
Dropper Tool digunakan untuk mengambil contoh warna dari bentuk yang ada sehingga kita bisa menggunakan contoh warna tersebut untuk memberi warna bentuk lain agar sama dengan warna dari bentuk yang kita ambil contoh warnanya.
Dropper Tool digunakan untuk mengambil contoh warna dari bentuk yang ada sehingga kita bisa menggunakan contoh warna tersebut untuk memberi warna bentuk lain agar sama dengan warna dari bentuk yang kita ambil contoh warnanya.
digunakan untuk merubah isi gradient.
Faucet digunakan untuk menghapus semua isi atau garis luar dengan sekali klik.
Library didalam flash fungsinya sesuai
dengan namanya adalah sebuah tempat penyimpan symbol yang sudah kita buat
movie clip : obyek digunakan untuk beranimasi
button : obyek dibuat sebagai tombol
grafik : obyek dibuat sebagai gambar yang statis atau tidak
beranimasi
Instances adalah duplikat dari symbol
yang ada dalam stage.
Stage symbol adalah suatu ruangan khusus yang digunakan untuk
mengedit obyek dari symbol tersebut
Panel effect digunakan untuk mengatur
pewarnaan dan transparansi pada obyek
tetapi tidak bisa digunakan untuk mengubah bentuk obyek.
Tint digunakan untuk menambahkan suatu
warna kedalam warna asal dari instance symbol
Alpha digunakan untuk memberikan efek
tranparan terhadap instance..
Advanced adalah merupakan gabungan dari
tint dan alpha.
Didalam flash juga terdapat layer yang fungsinya sama dengan
didalam photoshop yaitu untuk memisahkan beberapa gambar atau animasi.
New layer digunakan untuk menambah layer
di dalam timeline
Hide/Show layer
fungsinya sama dengan pada photoshop yaitu untuk menampilkan atau
menyembunyikan suatu layer
Lock/ Unlock layer
Kita bisa melindungi layer dengan cara menguncinya sehingga tidak
bisa kita ubah ketika kita sedang bekerja dengan layer lainnya.
Outline layer
Outline layer digunakan untuk menyembunyikan obyek dan hanya
menampilkan tepinya saja. Key Frame adalah frame yang berperan sebagai
titik referensi, yang biasanya menggambarkan momen waktu utama
In-Between Frame berfungsi untuk
memainkan film diantara Key Frame. In-Between frame ini akan menjembatani
keadaan transisi dari satu Key Frame ke Key Frame yang lain
insert keyframe itu artinya adalah kita memasukkan keyframe ke dalam frame tersebut sekaligus mengkopi gambar yang ada dalam keyframe sebelumnya
insert keyframe itu artinya adalah kita memasukkan keyframe ke dalam frame tersebut sekaligus mengkopi gambar yang ada dalam keyframe sebelumnya
insert blank keyframe itu
berarti kita mengisikan keyframe pada frame tersebut dan isinya masih kosong,
belum terdapat gambar apapun.
Frame rates: digunakan untuk mengatur kecepatan dari animasi
Frame rates: digunakan untuk mengatur kecepatan dari animasi
Dimension: untuk mengatur ukuran dari
stage, dan juga ukuran animasi pada saat dimasukkan dalam web. Satuannya bisa
diubah pada ruler units.
Mask
yang artinya adalah penutup mempunyai fungsi sesuai dengan namanya yaitu untuk
menutupi suatu layer
Cara memasukkannya sound adalah sebagai berikut:
1. tentukan terlebih dahulu diframe dan
layer yang mana akan kita letakkan suara dan insert keyframe ditempat tersebut.
Hal ini sangat penting karena akan menentukan kapan suara akan dimulai pada saat
animasi berjalan.
2. drag suara yang ada dalam library sound
ke dalam stage yang telah ditentukan frame dan layernya.
♔ Nahilatul Dwi Novi ♔
semoga bermanfaat :)
semoga bermanfaat :)
.
0 komentar:
Posting Komentar