Sabtu, 07 April 2012

Flash

Flash adalah salah satu program pembuatan animasi yang sangat handal. Kehandalah flash dibandingkan dengan program yang lain adalah dalam hal ukuran file dari hasil animasinya yang kecil. 
 

Toolbar berisi kumpulan tool yang digunakan untuk membuat dan memilih isi di dalam Timeline dan Stage. Toolbar terbagi menjadi tool dan modifier. Setiap tool memiliki ukuran Modifier tertentu yang ditampilkan ketika kita memilih tool tersebut. 

Timeline adalah organisasi dan pengaturan tool yang besar dan kompleks. Anda akan menggunakan keuntunngannya ketika anda membuat animasi. 
Stage adalah daerah yang berisi semua elemen gambar yang membentuk movie Flash..
Menggunakan Grid dan ruler 
Grid adalah sebuah set garis-garis yang saling berpotongan vertikal dan horisontal yang berguna sebagai penuntun menggambar dan meletakkan elemen-elemennya, fungsinya mirip seperti kertas grafik pada dunia nondigital. Cara memunculkan grid dari menu View, pilih Grid > Show Grid.
Ruler dan guides membantu anda dalam menggambar obyek dengan presisi ukuran, bentuk, dan posisi pada Stage.
Untuk memunculkan ruler, pilih menu view>rulers.
            Guides digunakan untuk meluruskan antara gambar yang ada pada stage dengan ruler. Caranya klik rulers yang ada di pinggir yang horisontal atau yang vertikal. Kemudian drag ke arah stage dan letakkan pada tempat yang sesuai dengan keperluan. 

Line tool digunakan untuk membuat garis lurus
Oval tool digunakan untuk membuat bentuk melingkar
Rectangle tool digunakan untuk membuat bentuk persegi
Pencil Tool digunakan untuk membuat garis luar secara bebas (garis tidak tepat lurus).
Straighten digunakan untuk membantu memperlurus lintasan yang kita buat. Tetapi hasilnya tidak akan selurus garis yang dibuat dengan Line Tool
Ink digunakan untuk menghilangkan bantuan Flash dalam memperhalus suatu  lintasan.digunakan untuk membantu memperhalus lintasan yang kita buat.
Brush Tool digunakan untuk menggambar isi (fill)
Ink Bottle Tool digunakan untuk merubah garis pembatas atau menambah garis pembatas pada suatu bentuk, misal pada bentuk oval.digunakan untuk tidak menggunakan (mengunci) gradient fill pada Brush Tool
Gap Control digunakan untuk memberi isi suatu garis luar yang tidak benar-benar tertutup.digunakan untuk merubah isi atau memberi isi suatu bentuk 
Dropper Tool digunakan untuk mengambil contoh warna dari bentuk yang ada sehingga kita bisa menggunakan contoh warna tersebut untuk memberi warna bentuk lain agar sama dengan warna dari bentuk yang kita ambil contoh warnanya.
digunakan untuk merubah isi gradient.
Faucet digunakan untuk menghapus semua isi atau garis luar dengan sekali klik.
Library didalam flash fungsinya sesuai dengan namanya adalah sebuah tempat penyimpan symbol yang sudah kita buat
movie clip        : obyek digunakan untuk beranimasi
button              : obyek dibuat sebagai tombol
grafik               : obyek dibuat sebagai gambar yang statis atau tidak beranimasi
Instances adalah duplikat dari symbol yang ada dalam stage.
Stage symbol adalah suatu ruangan khusus yang digunakan untuk mengedit obyek dari symbol tersebut
Panel effect digunakan untuk mengatur pewarnaan dan transparansi pada obyek  tetapi tidak bisa digunakan untuk mengubah bentuk obyek.
Tint digunakan untuk menambahkan suatu warna kedalam warna asal dari instance symbol
Alpha digunakan untuk memberikan efek tranparan terhadap instance..
Advanced adalah merupakan gabungan dari tint dan alpha.
Didalam flash juga terdapat layer yang fungsinya sama dengan didalam photoshop yaitu untuk memisahkan beberapa gambar atau animasi.
New layer digunakan untuk menambah layer di dalam timeline
Hide/Show layer
fungsinya sama dengan pada photoshop yaitu untuk menampilkan atau menyembunyikan suatu layer
Lock/ Unlock layer
Kita bisa melindungi layer dengan cara menguncinya sehingga tidak bisa kita ubah ketika kita sedang bekerja dengan layer lainnya.
Outline layer
Outline layer digunakan untuk menyembunyikan obyek dan hanya menampilkan tepinya saja. Key Frame adalah frame yang berperan sebagai titik referensi, yang biasanya menggambarkan momen waktu utama
In-Between Frame berfungsi untuk memainkan film diantara Key Frame. In-Between frame ini akan menjembatani keadaan transisi dari satu Key Frame ke Key Frame yang lain 
insert keyframe itu artinya adalah kita memasukkan keyframe ke dalam frame tersebut sekaligus mengkopi gambar yang ada dalam keyframe sebelumnya
insert blank keyframe itu berarti kita mengisikan keyframe pada frame tersebut dan isinya masih kosong, belum terdapat gambar apapun. 
Frame rates: digunakan untuk mengatur kecepatan dari animasi
Dimension:     untuk mengatur ukuran dari stage, dan juga ukuran animasi pada saat dimasukkan dalam web. Satuannya bisa diubah pada ruler units.
Mask yang artinya adalah penutup mempunyai fungsi sesuai dengan namanya yaitu untuk menutupi suatu layer
Cara memasukkannya sound adalah sebagai berikut:
1.      tentukan terlebih dahulu diframe dan layer yang mana akan kita letakkan suara dan insert keyframe ditempat tersebut. Hal ini sangat penting karena akan menentukan kapan suara akan dimulai pada saat animasi berjalan.
2.      drag suara yang ada dalam library sound ke dalam stage yang telah ditentukan frame dan layernya.

♔ Nahilatul Dwi Novi ♔
semoga bermanfaat :)
.

0 komentar:

Posting Komentar